Jumat, 25 Mei 2012

KUMPULAN SOAL IPA SMPN 2 BANJIT

KISI-KISI SOAL
MAPEL BIOLOGI –Paket 3

No
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
1
Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Dapat menentukan  salah satu ciri makhluk hidup berasarkan gambar yang ditampilkan
26
Menentukan dasar pengelompok kan makhluk hidup
Ditampilkan beberapa gambar organ tumbuhan , dapat mengelompokkan ciri  Tumbuhan  tertentu
27
2
Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Dapat memprediksi akibat akibat yang terjadi  akibat interaksi makhluk hidup pada ekosistem
28
Mendeskripsikan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Ditampilkan gamabar kerusakan lingkungan dapat diprediksikan  bahan bahan  kimia penyebab pencemaran
29
Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
Dapat menentukan usaha  usaha melestarikan  makhluk hidup yang langka didaerah tertentu
30
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
 Ditampilkan 4 grafik pertumbuhan penduduk dan produksi pangan,dapat memprediksi hubungan kepadatan penduduk  dan jumlah produksi pangan d
31
3
Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

Mengidentifikasi bagian dan fungsi  alat gerak pada sistem gerak manusia
Ditampilkan gambar rangka , dapat menetukan  salah satu jenis persendian
32
Mendeskripsikan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut
Diberikan gambar sistem pencernaan , dapat ditentukan  satu atau dua organ penghasil enzym
33
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia
Dapat mnentukan  fungsi dari salah satu organ dari sistem peredaran darah
34



Dapat menetukan jenis otot berdasarkan ciri ciri yang ditampilkan
47


Mendeskripsikan proses pada sistem ekskresi (ginjal)

Dapat mendiskripsikan fungsi dari bagian-bagian ginjal
35
Mendeskripsikan sistem saraf pada manusia

Ditampilkan gambar sel saraf , dapat menetukan  fungsi dari salah satu bagian sel saraf tersebut
36
Mendikripsikan sistem pernapasan pada manusia
Dapat mennyusun urutan mekanisme inspirasi/ekspirasi berdasarkan data data yang ditampilkan
46
 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan/organ  pada tumbuhan
Dapat menetukan fungsi dari jaringan / organ  daun  berdasarkan gambar
37
Mendeskripsikan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Dapat menetukan gerak tumbuhan dari pernyataan yang ditampilkan
38

Dapt menentukan jenis gerak tumbuhan dari gambar yang ditampilkan
48
Mendeskripsikan proses fotosintesis berdasarkan  percobaan tentang proses tersebut

Dapat menetukan hasil fotosintesis  pada tahap tertentu dari  gambar urutan percobaan proses fotosintesis
39
4
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta  kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Mendeskripsikan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
Diberikan tabel beberapa  organisme dan contoh  perilaku  makhluk hidup , dapat ditentukan hubungannya yang tepat
40
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
Dapat menetukan genotip/fenotip hasil persilangan makhluk hidup monohibrid berdsarkan hukum Mendel
41

Dapat menetukan prosentasi genotif atau fenotif hasil persilangan dihibrid
49
Menerapkan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai contohnya
Dapt menetukan teknik reproduksi  tertentu untuk mendapatkan makhluk hidup  yang berkualitas ( unggul )
42
50.
Memanfaatkan bioteknologi untuk kehidupan
Dapat menentukan makhluk hidup tertentu yang dapat digunakan untuk memproduksi makanan
43
5
Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotro dan pengaruhnya terhadap kesehatan
Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan
Dapat menyebutkan bahan kimia alami / buatan yang digunakan untuk membuat makanan
44
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Dapat memprediksikan pengaruh negatif bagi pengguna  zat adiktif /psikotropika 
45












KISI-KISI SOAL
MAPEL BIOLOGI
PAKET 1

No
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
No Soal
1
Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Disajikan gambar tahapan metamorfosis serangga, siswa dapat menyebutkan ciri hidup yang ditunjukkannya
26
Menentukan dasar pengelompok kan makhluk hidup
Disajikan gambar 2 hewan kelompok tertentu, siswa dapat menjelaskan dasar pengelompokannya
27
2
Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Disajikan gambar jaring-jaring makanan dalam sebuah ekosistem, siswa dapat memprediksi akibat yang terjadi apabila salah satu komponenya hilang
Siswa dapat memilih contoh interaksi antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan

28


29

Mendeskripsikan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Siswa dapat menentukan usaha yang untuk mengurangi tingkat pencemaran udara
30
Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
Disajikan gambar hewan langka tertentu, siswa dapat menjelaskan usaha yang paling tepat untuk melestarikannya
31
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
Siswa dapat memprediksi akibat pertumbuhan penduduk terhadap sumber daya alam
32
3
Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

Mengidentifikasi bagian dan fungsi  alat gerak pada sistem gerak manusia
Disajikan gambar rangka manusia, siswa dapat menyebutkan nama sendi yang ditunjuk
Disajikan beberapa ciri otot, siswa dapat menentukan ciri otot polos
33

34
Mendeskripsikan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut
Disajikan gambar alat-alat pencernaan makanan, siswa dapat menentukan  alat  yang memiliki fungsi tertentu
35
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia
Siswa dapat menyebutkan bagian darah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen
36
4

Mendeskripsikan proses pada sistem ekskresi (ginjal)

Disajikan gambar nefron ginjal, siswa dapat menunjukkan bagian yang berfungsi untuk menyaring darah (filtrasi)
37
Mendeskripsikan sistem saraf pada manusia

Disajikan gambar otak manusia, siswa dapat  menentukan bagian otak yang memiliki fungsi tertentu
38
 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan/organ  pada tumbuhan
Disajikan gambar penampang batang tumbuhan dikotil secara mikroskopis, siswa dapat menentukan bagian yang berfungsi tertentu
39
Mendeskripsikan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Disajikan gambar tanaman tertentu, siswa dapat menjelaskan respons yang terjadi apabila tanaman tersebut  diberi rangsang tertentu
40
41
Mendeskripsikan proses fotosintesis berdasarkan  percobaan tentang proses tersebut

Disajikan gambar skema percobaan fotosintesis, siswa dapat menjelaskan tujuan dari percobaan tersebut
42

Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta  kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Mendeskripsikan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
Siswa dapat memprediksi perilaku yang akan ditunjukkan oleh bunglon dalam upaya pertahanan diri
43
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
Disajikan contoh persilangan tanaman tertentu dengan dua sifat beda, siswa dapat memprediksi kemungkinan perbandingan F1 nya
44
Menerapkan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai contohnya
Siswa dapat memberi contoh salah satu teknologi reproduksi dalam upaya peningkatan kualitas sapi
Siswa dapat menentukan teknologi reproduksi yang paling tepat dalam upaya mendapatkan bibit tanaman tertentu dalam jumlah yang banyak, serta dalam waktu yang singkat
45

49

Memanfaatkan bioteknologi untuk kehidupan
Siswa dapat memberi contoh mikroorganisme yang bermanfaat dalam produksi pangan tertentu
47

Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotro dan pengaruhnya terhadap kesehatan
Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan
Disajikan beberapa contoh nama bahan makanan aditif, siswa dapat menentukan bahan yang berfungsi sebagai pemanis alami
48
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Disajikan beberapa ciri korban ketergantungan narkotika, siswa dapat menentukan yang termasuk ciri psikis
50





 
KISI-KISI SOAL
MAPEL BIOLOGI

No
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
1
Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
Disediakan gambar hewan, siswa dapat menentukan ciri mahluk hidup yang teramati
26
Menentukan dasar pengelompok kan makhluk hidup
Disediakan data ciri-ciri tumbuhan, siswa dapat menntukan ciri salah satu kelompok tumbuhan
27
2
Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Disediakan skema jaring-jaring makanan, siswa dapat menentukan jumlah rantai makanan penyusunnya
Siswa dapat menunjukkan salah satu contoh interaksi mahluk hidup dengan organismenya
28

29
Mendeskripsikan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Siswa dapat menentukan salah satu cara mengatasi pencermaran air
30
Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
Disediakan gambar hewan langka, siswa dapat menentukan usaha manusisa dalam melestarikan hewan
31
Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
Siswa dapat menentukan pengaruh pertumbuhan penduduk terhadapkelestarian sumber daya alam
32
3
Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

Mengidentifikasi bagian dan fungsi  alat gerak pada sistem gerak manusia
Disediakan gambar persendian, siswa dapat menentukan nama sendi pada sistem gerak manusia
Disefiakan data ciri-ciri otot, siswa dapat mentukan ciri otot polos pada manusia.
33

34
Mendeskripsikan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut
Disediakan gambar sistem pencernaan manusia, siswa dapat menunjukkan salah satu organ yang menghasilkan enzim pencernaan
35
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia
Siswa dapat menjelaskan salah satu fungsi bagian darah.
36


Mendeskripsikan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
Disediakan skema penampang ginjal, siswa dapat menunjukkan bagian ginjal dan fungsinya
37
Mendeskripsikan sistem saraf pada manusia

Disediakan gambar otak manusia, siswa dapat menunjukkan salah satu bagian otak dan fungsinya
38
 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan/organ  pada tumbuhan
Disediakan gambar penampang melintang batang, siswa dapat menunjukkan salah satu bagian jaringan batang.
39
Mendeskripsikan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Disediakan gambar tumbuhan, siswa dapat meramalkan respon yang terjadi bila diberikan rangsangan
Disediakan data percobaan iritabilita pada tanaman siswa dapat meramalkan hasil percobaannya
40

41
Mendeskripsikan proses fotosintesis berdasarkan  percobaan tentang proses tersebut

Disedian gambar salah satu percobaan fotosintesis, siswa dapat menyusun kesimpulan hasil percobaan tersebut.
42
4
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta  kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Mendeskripsikan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
Siswa dapat menyebutkan salah satu perilaku hewan dalam menanggapi rangsang.
43
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
Disediakan data tentang persilangan dihibrid, siswa dapat menentukan persentase/jumlah salah satu keturunan pada F2
Diberikan penjelasan tentang perkawinan dihibrid dan hasil keturunannya, siswa dapat menentukan genotip parentalnya
44

       45
Menerapkan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai contohnya
Disediakan pernyataan kejadian, siswa dapat mentukan salah satu teknologi reproduksi pada hewan
Disediakan salah satu skema proses teknologi reproduksi pada tumbuhan, siswa dapat menentukan jenis teknologi reproduksi yang digunakan
46


47
Memanfaatkan bioteknologi untuk kehidupan
Siswa dapat menyebutkan salah satu contoh mikroorganisme yang berperan dalam  bioteknologi konvensional.
48
5
Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotro dan pengaruhnya terhadap kesehatan
Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan
Disediakan data kandungan bahan dalam kemasan makanan, siswa dapat menentukan bahan aditifnya
49
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Disediakan data ciri-ciri orang yang menggunakan psikotropika, siswa dapat menentukan ciri orang yang menggunakan ecstasy
50
 
26. Perhatikan gambar berikut


 








Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh gambar di atas adalah....
A.    berkembangbiak
B.     memerlukan makanan
C.     tumbuh dan berkembang
D.    peka terhadap rangsang

27. Perhatikan kelompok hewan berikut!                  
           















S
 


P
 



Q
 


R
 


 


Di antara gambar tersebut, hewan- hewan yang tubuhnya berpori (Porifera) adalah….
A.  P dan Q
B.  Q dan R
C.  Q dan S
D.  R dan S

28. Perhatikan bagan rantai makan berikut!
           
   









 



Akibat yang terjadi apabila jumlah populasi ular menurun  karena diburu untuk diambil    kulitnya, adalah…
A.  tikus berkurang
B.   elang meningkat
C.   padi meningkat
D.  tikus meningkat

29. Perhatikan contoh interaksi makhluk hidup berikut!
1.     Ikan remora dengan ikan hiu
2.     Bunga anggrek dengan tanaman inang
3.     Lebah madu dengan bunga mangga
4.     Burung jalak dengan kerbau
5.     Bakteri pembusuk dalam usus manusia
Contoh simbiosis komensalisme adalah nomor ….
A.    1, 2, dan 3
B.     1, 2, dan 4
C.     2, 3, dan 4
D.    3, 4, dan 5

30. Perhatikan gambar sungai yang tercemar berikut!





Go to fullsize image


http://s175.photobucket.com/albums/w155/kudeed/th_sungaitercemar.jpg

 







Penyebab pencemaran dan  kerusakan lingkungan seperti gambar tersebut  adalah ...
A.     limbah kimia rumah tangga dan pabrik, berupa deterjen
B.      bahan dari plastik, bekas pembungkus barang
C.      bahan  kimia dari pabrik, seperti magnesium
D.     bahan dari pabrik, seperti kaleng minuman

31. Perhatikan gambar berikut







a6d9cd9f733eddd2[1],a6d9cd9f733eddd2[1]


fb59a90392a527be[1],fb59a90392a527be[1]
Go to fullsize image

 






Usaha yang di lakukan untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah ….
A.                      membangun suaka margasatwa
B.                      mendirikan kebun raya untuk melindunginya
C.                      menyilangkan jenis tanaman tersebut
D.                      memanfaatkannya  untuk hiasan

32. Pertumbuhan penduduk yang semakin tak terkendali memiliki dampak terhadap 
      sumber daya  manusia,  yaitu....
A.  meningkatnya lahan kritis
B.  munculnya polusi udara
C.  menurunnya kriminalitas
D.  sempitnya lapangan kerja
    
 33. Perhatikan gambar ini ! 
tengkorak











Bagian yang diberi tanda huruf A dan B berturut – turut adalah ....
A.  tulang pelipis dan  tulang ubun ubun
B.  tulang  baji dan tulang pelipis.
C.  tulang tapis dan  tulang ubun ubun.
D.  tulang hidung dan tulang pelipis

34. Perhatikan gambar berikut


 








Persendian yang ditunjukkan oleh huruf X pada gambar di samping termasuk ....
A. sendi engsel                                        
B. sendi putar
C. sendi peluru
D. sendi pelana

35. Perhatikan beberapa fungsi makanan berikut! 
1. menghasilkan energi
2. mengganti sel-sel yang russak
3. membentuk enzim dan hormon
4. mengatur proses dalam tubuh

Fungsi utama dari protein bagi tubuh manusia sesuai dengan nomor . . . .
A.  1 dan  2
B.  2 dan  3
C.  3 dan  4
D.  4 dan  1

36. Perhatikan nama-nama penyakit berikut :
1. anemia                  
2. leukemia
3. varises 
4. hemofilia                     
5. arteriosklerosis
6. ambien

Penyakit manakah yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah?
A.  1, 2 dan 4
B.  1, 3 dan 6                   
C.  2, 4 dan 5                   
D.  3, 5 dan 6                   



37. Berdasarkan gambar di bawah ini, ureter dan uretra ditunjukan oleh nomor : ….


Ginjal
 












                 A.  1 dan 2
                 B.  2 dan 3
                 C.  2 dan 4
                 D.  3 dan 4








 
38. Pernyataan mana yang menunjukkan fungsi sumsum tulang belakang?
A.  Memberi kemungkinan jalan yang panjang menuju pusat saraf.
B.  Memberi kemungkinan jalan yang terpendek pada gerak refleks.
C.  Sebagai penghubung impuls saraf dari dan ke otak.
D.  Sebagai penghubung impuls dengan berbagai otot.

39.  Perhatikan fungsi-fungsi organ tumbuhan berikut!
1. menyimpan cadangan makanan
2. membantu pernapasan melalui lenti sel
3. melakukan fotosintesis
4. sebagai alat perkembangbiakan
5. menyerap air, garam mineral
6. sebagai penguat berdirinya tumbuhan

 Fungsi akar bagi tumbuhan secara umum adalah sebagai berikut.
A.  1, 2 , 3 dan 6
B.  1, 2, 5, dan 6
C.  2, 3 , 4 dan 6
D.  3, 4 , 5 dan 6

40. Dari gambar-gambar berikut,  yang menunjukkan gerak  fototropisme  adalah  yang diberi huruf .....

gerak-tumbuhangerak-tumbuhan





                        A                                 B                                 C                                 D

41.  Perhatikan gambar gerak tumbuhan berikut!
alba116






Gerak akar seperti pada gambar merupakan contoh ….
A.      geotropisme
B.      fototropisme
C.      hidrotropisme
D.      tropisme

42. Perhatikan rangkaian percobaan fotosintesis berikut!







        1                 2                     3                4
Perlakuan terhadap bagian gambar nomor 3 bertujuan untuk ....
A.    mematikan sel-sel daun
B.     menguji adanya amilum
C.     menguji pentingnya cahaya matahari
D.    melarutkan butiran khlorofil
                                   
43. Contoh adaptasi mahluk hidup
  1. Pada musin penghujan manusia sering mengeluarkan urin.
  2. Bunglon dapat mengubah warna tubuhnya sesuai lingkungannya.
  3. Hewan herbivora memiliki enzim selulase dalam perut besarnya
  4. Burung elang memiliki paruh yang tajam dan kuat untuk mengoyak mangsa
Dari pernyataan di atas, yang merupakan contoh adaptasi fisiologi adalah ….
A.    1 dan 3
B.     2 dan 4
C.     3 dan 4
D.    4 dan 1

44 . Perhatikan bagan persilangan tumbuhan monohibrid berikut!
P1                
                                   
                       

Putih
 
                                             

Merah
 
 


     merah muda  100 %
Jika antara sesama F 1 disilangkan, akan dihasilkan F 2  dengan rasio fenotip.....
A.  50 % merah : 50 % putih
B.  25 % merah : 50 % merah muda : 25 % putih
C.  75 % merah muda  : 25 % putih
D.  75 % merah : 25 % putih

45. Tumbuhan berbunga merah disilangkan dengan berbunga putih.  Keturunan pertamanya (F1) menghasilkan tumbuhan dengan perbandingan fenotip merah : putih  = 1  :  1, maka genotip induknya adalah ….
A.  MM  x  MM
B.  Mm x  Mm
C.  Mm x  mm
D.  mM  x  MM
 
46. Temanmu sulit bernafas karena terkena flu. Gangguan yang terjadi pada penyakit tersebut adalah pada bagian.....



A
 
 

D
 


C
 

B
 
                                

47. Mikroorganisme yang berperan dalam pembuatan tempe adalah ....
A. Rhizopus nigricans
Acetobacter xylinum
C. Sacharomyces cereviceae
D. Lactobacilles casei

48. Perhatikan beberapa produk bioteknologi  berikut!
1.                                        Antibiotik
2.                                       Transgenic
3.                                       Hormone sintetik
4.                                       Kultur jaringan
5.                                       Recombivax Hb
Produk bioteknologi dalam bidang kesehatan adalah…
  1. 1, 2, dan 4
  2. 1, 3, dan 5
  3. 2, 3, dan 4
  4. 2, 3, dan 5

49. Zat aditif yang biasa digunakan untuk pengawet dan pengenyal bakso adalah ….
A. siklamat
B. boraks
C. formalin
D. monosodium

50.  Dampak  yang akan ditimbulkan oleh narkotika adalah
A.                hilangnya kesadaran dan ketergantungan
B.                 meningkatnya tekanan darah
C.                 menurunnya kualitas pendengaran
D.                timbulnya bercak-bercak merah pada kulit

PREDIKSI SOAL UN  IPA 2011
PAKET  3


26. Perhatikan gambar berikut






  Gambar tersebut menunjukkan  makhluk hidup memilki ciri ....
A.  berkembangbiak
B.  memerlukan  makanan
C.  tumbuh dan berkembang
D.  peka terhadap rangsang

27. Perhatikan gambar berikut


 






Ciri-ciri organ yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil ditunjukkan oleh gambar nomer....
A.    1, 3 dan 4
B.     1, 4 dan 6
C.     2, 3 dan 4
D.    2, 3 dan 5

28. Perhatikan bagan berikut










Kemungkinan yang akan terjadi jika populasi belalang menurun karena dibasmi oleh para petani adalah... .
A.  populasi rumput meningkat, populasi ayam menurun
B.  populasi tumbuhan menurun, populasi ullar meningkat
C.  populasi elang menurun, populasi ayam meningkat
D.  populasi rumput meningkat , populasi ular  menurun





29. Hasil identifikasi di suatu tempat tertentu  menunjukkan adanya pencemaran tanah, seperti pada gambar berikut:


Go to fullsize image
 








 Bahan-bahan yang dapat  menyebabkan pencemaran dan  kerusakan lingkungan tersebut  adalah ....
A.  bahan kimia dari rumah tangga, berupa deterjen yang sukar terurai
B.  bahan dari plastik, stirofom bekas pembungkus barang yang sukar terurai
C.  bahan  kimia dari pabrik, seperti magnesium yang dapat membunuh bakteri
D. bahan sampah organik dari rumah tanngga yang tak dapat terurai bakteri

30.Perhatikan gambar berikut
Go to fullsize imageGo to fullsize image 





Harimau Sumatra            Tapir

Bila hutan di Sumatra rusak akibat penebangan liar oleh manusia, maka keberadaan hewan tersebut akan mengalami kepunahan. Usaha yang dilakukan untuk melestarikan jenis hewan tersebut adalah ….
A.    Membangun suaka margasatwa
B.       Mendirikan cagar alam
C.       Memperbaiki habitatnya
D.    Menanfaatkan  untuk peliharaan

31  Grafik  berikut ini   yang paling tepat  menggambarkan perubahan jumlah penduduk dengan produksi pangan adalah ....


 






    






32.Perhatikan gambar berikut
                       
     


 







       bagian yang ditunjuk oleh huruf  B merupakan sendi...
A.    engsel
B.     peluru
C.     pelana
D.    putar


33.Perhatikan gambar berikut


 









Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton/asam amino dihasilkan oleh bagian yang di tunjukan nomer ....
A.  1 dan 2
B.  2 dan 3
C.  3 dan 4
D.  4 dan 1

34.   Trombosit yang  telah mati akan dihancurkan didalam ....
       ....
A.    hati
B.     pankreas
C.     limpa
D.  jantung
35. Perhatikan gambar berikut


 







Proses penyaringan darah   terjadi pada bagian yang  bernomor ….
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

36.Perhatikan gambar berikut!
                         


 


      


   
       Bagian yang ditunjuk oleh huruf X berfungsi untuk....
A.    menghantarkan impuls menuju badan sel saraf
B.     menerima rangsangan dari indera
C.     melanjutkan impuls menuju pusat saraf
D.    sebagai pusat pengaturan impuls






37.Perhatikan gambar berikut


 







Fungsi bagian yang bertanda X  adalah  ….
  1. tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida
  2. alat mengangkut bahan dan hasil fotosintesis
  3. tempat terjadinya proses fotosintesis pada daun
  4. melindungi daun agar tetap kuat dan segar

 38.. Apabila di samping tanaman kacang panjang ditancapkan batang kayu maka arah gerak sulurnya  akan ....
A. membelok menjauhi batang kayu
B. membelit t ke batang kayu
C. menuju ke batang kayu tapi tidak melekat
D. tetap tumbuh menuju ke arah atas

39..Perhatikan gambar berikut ini.


 




      1          
                     2                         3                   4                   5                 6
                   daun ditutup
                    kertas timah
Setelah dilakukan penetesan yodium sebagaimana gambar 6, daun nomor 1 berwarna hijau dengan bintik-bintik biru kehitaman dan daun nomor 2 yang ditutup  berwarna hijau. Dari hasil percobaan tersebut menunjukkankan bahwa fotosintesis ....
A.  menghasilkan amilum
B.   memerlukan alkohol
C.   memerlukan oksigen
D.  menghasilkan karbondioksida

40.. Perhatikan tabel berikut
No
Organisme

Kode
            Perilaku
1.
Cumi-cumi

P. 
  Memutuskan ekornya
2.
Bunglon

  Q
     Muncul ke permukaan
3.
Cicak

  R.
     Mengeluarkan tintanya
4.
Lumba-lumba

   S
      Mengubah warna tubuh
       Hubungan  antara jenis organisme dan perilaku dalam mempertahankan hidupnya
       adalah nomor….
A. 1 dan P
B.  2 dan S
C.  3 dan Q
D. 4 dan R



41.Perhatikan persilangan Monohibrid dan dominan penuh di bawah ini !
                           Bunga mawar merah    x      Mawar putih
  P1              
                  MM                            mm
Gamet        
                   M                                m
                                         
F1              
                                      Mm.
P2              
                   Mm              x             Mm
Gamet        
                   M                                M
                                           m                                m
F2  
    


 




Dari tabel hasil persilangan di atas, individu yang memiliki genotip persis sama dengan induk (P1) terdapat pada kotak  bernomor ... .
A.    1 dan 2
B.        2 dan 3
C.        1 dan 4
D.    2 dan 4

42..  Pak Amir seorang petani mangga. Dia menginginkan bibit mangga yang baik, seragam, jumlah banyak dan bebas penyakit.  Teknik apa yang dapat dilakukan pak Amir untuk mendapatkan bibit mangga tersebut?
A. Radiasi
B. Hidroponik
C. Kultur jaringan
D. Rekombinasi gen

43.Minuman yoghurt merupakan hasil fermentasi bakteri ....
A.       Acetobacter xylinum
B.       Rhizopus oligosporus
C.       Saccharomyces cereviceae
D.    Lactobacillus bulgaricus

44. Bahan kimia yang sering ditambahkan sebagai  pewarna sintetis  dalam  pembuatan  makanan dalam jumlah besar adalah…
A.    erittrosin,  hijau FCF, Ponceau 4R
B.     sakarim, siklamat, sorbitol
C.     beta karotin, natrium benzoat, ponceau 4R
D.    sakarim, boraks, kalsium propionat

45.Pengaruh psikis zat narkotika jenis ekstasi dosis tinggi terhadap tubuh  pengguna adalah ....
A.    pandangan mata kabur, jalan sempoyongan
B.     halusinasi, perasaan gembira dan melayang
C.     kehilangan nafsu makan, banyak berkeringat
D.  rasa haus dan tenggorokan terasa kering







 46. Perhatikan data ini .
 1) otot diafragma mendatar
 2) rongga dada mengembang
 3) otot tulang rusuk terangkat
 4) tekanan udara dalam udara paru-paru rendah
5) udara luar masuk ke paru- paru
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses inspirasi pernapasan perut adalah ....
A.1 ,2 , 4 dan 5
B.1 , 3 , 4 dan 5
C.2 , 3 , 4 dan 5
D 2 , 4 ,3 dan  5



47.Perhatikan data berikut!
1.)  Memiliki banyak inti
2.)  Bekerja secara tidak sadar
3.)  Bentuk silindris panjang
4.)  Terdapat pada saluran pencernaan
5.)  Bentumya gelendong
Berdasarkan data tersebut, yang termasuk ciri otot polos adalah ....
A.    1, 2, dan 5
B.     1, 2, dan 4
C.     2, 3, dan 4
D.    2 ,4 dan 5

48.Gerak pertumbuhan akar seperti pada gambar B merupakan contoh gerak ….
     







B
 


A
 

 


A.      geotropism positif
B.      fototropisme positif
C.      hidrotropisme            
D.      tropisme

49. Diketahui B adalah gen yang menentukan kacang berbiji bulat b menentukan kacang berbiji kisut .   Perkawina n antara tanaman kacang berbiji bulat  ( BB ) dan kacang berbiji bulat  ( Bb ) menghasilkan kacang berbiji bulat ( Bb )  sebanyak .....
A.  100 %
B.  50 %
C.  75 %  
D.  100 %







50...Pak Ujang adalah seorang peternak sapi local , ia berkeinginan menyilangkan sapi piaraannya dengan sapi varietas unggul dari India agar  diperoleh sapi yang memiliki sifat seperti yang diinginkan. Bila  pak Ujang tak dapat  mendatangkan sapi dari India  maka cara paling tepat untuk mendapatkan  sapi sesuai keinginannya melalui proses .…
A.  kloning
B.  inseminasi buatan
C.  kultur jaringan
D.  pemberian hormon


KISI-KISI SOAL BIMTEK UN 2010-2011
MAPEL BIOLOGI

No
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
1
Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup


Menentukan dasar pengelompok kan makhluk hidup


2
Menjelaskan komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem


Mendeskripsikan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan


Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup


Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan


3
Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

Mengidentifikasi bagian dan fungsi  alat gerak pada sistem gerak manusia


Mendeskripsikan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut


Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia




Mendeskripsikan proses pada sistem ekskresi (ginjal)



Mendeskripsikan sistem saraf pada manusia



 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan/organ  pada tumbuhan


Mendeskripsikan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar


Mendeskripsikan proses fotosintesis berdasarkan  percobaan tentang proses tersebut



4
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organism serta  kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Mendeskripsikan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya


Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel


Menerapkan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai contohnya


Memanfaatkan bioteknologi untuk kehidupan


5
Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotro dan pengaruhnya terhadap kesehatan
Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan


Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar